SOSIOLOGI KOMUNIKASI MASA

Tulisan kolom 1…

pengertian sosiologi

sosiologi adalah cara berpikir untuk mengungkapkan realitas sosial dan budaya yang ada dalam masyarakat dengan prosedur dan teori yang dapat dipertanggung jawabkan secara ilmiah

Sosiologi komunikasi adalah ilmu yang memberi pemahaman tentang kajian sosiologis dari kegiatan komunikasi, khususnya komunikasi massa. Kajian dari sosiologi komunikasi meliputi hubungan media massa dengan institusi sosial lain yang ada dalam masyarakat, hubungan didalam institusi media termasuk proses produksi isi media dan hubungan media massa dengan khalayak.

komunikasi masa

Komunikasi massa memiliki esensi adalah , komunikasi yang menggunakan media komunikasi massa

Komunikasi massa adalah  pesan-pesan yang dikomunikasikan melalui media massa pada sejumlah besar orang” ( Bittner, Mass Communication An Introduction (1980))

Komunikasi massa adalah suatu proses dalam mana komunikator –komunikator menggunakan media untuk menyebarkan pesan-pesan secara luas dan secara terus menerus menciptakan makna-makna yang diharapkan  dapat mempengaruhi khalayak yang besar dan berbeda-beda dengan melalui berbagai cara.

(Defleur dan Dennis, dalam bukunya understanding mass communication(1985))

Tulisan kolom 2…

Beberapa implikasi yang ditimbulkan komunikasi massa bagi khalayak individu adalah

•Media berita luar negeri
•Ketika media menyajikan potret lingkungan yang telah menyimpang dari kisah yang sesungguhnya(distorted)
•Apa yang tidak dilaporkan atau dimuat oleh media adalah sama bermakna dengan apa-apa yang dimuat atau diberitakan
•Kemampuan media massa mempengaruhi khalayak dalam mengorganisasi aspek lain (environment) baru,
 karakteristik komunikasi masa
1.Membutuhkan organisasi formal yang kompleks untuk pelaksanaan kegiatan operasionalnya
2.Komunikasi massa ditujukan kepada khalayak yang lebih luas
3.Komunikasi massa bersifat publik
4.Komposisi khalayakkomunikasi massa bersifat heterogen
5.Media massa dapat melakukan kontak yang simultan dengan orang dalam jumlah yang besar dan jauh dari sumber serta terpisah satu sama lain,
6.Dalam komunikasi massa, hubungan komunikator dengan khalayak bersifat impersonal karena khalayak yang anonim
7.Kahalayk komunikasi massa merupakan suatu kolektivitasyang merupakan  keunikan masyarakat modern  dengan beberapa sifat yang distinktif
       ciri- ciri komunikasi masa
1.Ditujukan pada masyarakat yang relatif luas , heterogen dan anonim
2.Pesan disampaikan kepada publik dan umumnya diterima oleh khalayak secara  relatif serempak , serta bersifat mampir sejenak (transient)
3.Komunikator melakukan komunikasinya melalui suatu organisasi yang bersifat kompleks karena menyangkut masalah pembiayaan yang besar

tinggal kan pesan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s