Beginilah penampakan keuangan anak kost…

ImageBeginilah penampakan keuangan anak kos apabila masih awal bulan. Dompet masih banyak isinya, di ATM pun masih ada beberapa juta lagi *kayaknyasihgitu* , masih bisa makan nasi , masih cukuplah buat shopping, jalan-jalan, nonton bioskop, karaokean dll paling gak sampe tanggal 25an. Nah, yang dari tanggal 25 keuangan sudah menipis pis pis.. lah trus gimana nasib dari tanggal 25an ke atas sampai ke awal bulan lagi ??? Buat nonton ga bisa, buat jalan-jalan apalagi, buat makan aja susah .. so harus gimana dong ? Ngutang ?? JANGAN ! yang ada malah utang lo gak kelar-kelar, akhir bulan lo ngutang , bayarnya awal bulan trus ngutang lagi bayar lagi ngutang lagi bayar lagi , kapan kelarnya ??!! Padahal bulan baru tinggal 5 hari lagi, tapi kenapa nunggu 5 hari tu serasa nunggu “SEWINDU” *LebayAlayKamseupay*

Image

Inilah penampakan kalo udah akhir bulan. Bagaimana cara mengatasi agar keuangan yang dikirim oleh orang tua itu cukup hingga akhir usia ? *lebay* Mari kita bahas !

1. Makan tepat pada waktunya

Maksud kalimat diatas adalah pertimbangkan waktu makan kalian agar tidak cepat lapar lagi. Jangan makan malam sekitar jam 6 sore , sebab tubuh membutuhkan waktu 6 jam untuk mencerna makanan. Nah kalau kalian makan malam jam 6 sore , maka pada jam 12 malam kalian akan kelaparan lagi , apalagi buat kalian yang suka begadang malah ujung-ujungnya kalian bakalan keluar rumah buat cari makan.. Nah , waktu yang ideal buat makan malam adalah sehabis isya, sekitaran jam 8 an. Begitu juga pada saat makan siang.

2. Usahakan masak nasi sendiri

Mencoba untuk belajar mandiri tidak ada salahnya kan. Belilah magic com yang pas untuk ukuran anak kos, atau jika tidak ada uang untuk beli magic com , ambil saja magic com emak kalian dirumah , tapi setelah itu siap-siap diomelin 8 sks dan kalian ga perlu kuliah lagi. Selain hemat uang jajan kalian juga bisa hemat uang kuliah, Trik yang mantap bukan ?? *Ups mulai mengajarkan kesesatan , baiklah lupakan ! back to konteks.. Beli magic com dengan patungan sesama anak kos lainnya. Kalo masalah beras, kalian bisa bawa dari rumah kalian tiap kali kalian pulang kerumah.

3. Jangan Pacaran

Karna survey membuktikan tingkat keborosan kalian (para cowo) berbanding lurus dengan kehidupan pacar-pacar kalian. Bayangin aja makan bayarin pacar, nonton bayarin pacar , ini itu kebutuhan pacar kamu yang beliin, gimana ga boros coba ya kan ? pacar kamu ga pernah ngeluarin duit , sementara dia makin kaya tabungannya banyak , eh kamu yang malah awut-awutan kesana kesini nyari pinjaman duit .. so buat kalian yang belum ada pemasukan sendiri , mending ga usah pacaran dulu deh ya..

4. Cari pacar

Nah, ini bedanya cewe sama cowo . Dimana disaat berhemat ala cowo , mereka menjauhkan diri dari yang namanya pacaran. Sementara hemat ala cewe, mereka harus cari pacar. Bagi cewe, pacar merupakan aset terbesar selama jadi anak kos. Bayangin aja, kalo pergi-pergi sama pacar pasti dia yang ngeluarin duit kan, nah kalo uang pacar kalian hampir habis, kalian putusin aja dan cari cowo lain , gampang kan ? *sesatAgain* punya pacar merupakan salah satu trik jitu berhemat bukan ?? hahahaa

5. Jangan keluar dimalam minggu

Keluar dimalam minggu tentunya juga mengeluarkan dana yang cukup banyak, apalagi kalo lo jalan sama gebetan, sama aja kayak orang pacaran. Makan, belanja, lo bayarin dia. so, malam minggu pake cara gue aja, online dikamar sambil skype_an sama gebetan, hahaha #PDKTgamodal

6. Cari teman sebanyak – banyaknya

Ada pepatah yang mengatakan bahwa “banyak teman banyak rejeki”. Lo bayangin aja, seandainya lo punya teman sebanyak 365 orang, dan mempunyai tanggal lahir yang berbeda – beda pula. Kebayangkan tiap hari ada aja temen lo yang ulang tahun trus traktir lo makan. So, makanlah sepuasnya.

7. Rajin ikut pengajian dan rapat desa

Jangan sungkan kalo mau ikut pengajian karna biasanya selesai acara ngajinya mereka bakal nyediain makanan buat tamu yang dateng, nah disitu kesempatan emas bagi lo buat makan gratis HAHAHHAA

8. Pake batik kalo keluar rumah

Ini merupakan salah satu trik jitu buat dapat makan gratis lagi dan lagi. Seandainya kalian kluar rumah trus nemuin tenda biru gitu, kalian tinggal singgah aja disitu trus nyalamin pengantinnya. Nah, biar ga mencurigakan bahwa lo adalah penyusup, lo harus pinter2 nyari alasan nih ya misalnya “sori ya nyokap gue ga bisa dateng soalnya nyokap lagi ngurusin kambing-kambing gue, biasa lah gue kan sekarang bisnis kambing buat aqiqahan” Nah, kalo tahap itu sudah lewat, silahkan makan sepuas-puasnya.

9. Pinjem motor temen

Kalo lo orang yang super duper sibuk, harus kesana kemari dalam waktu yang bersamaan dan ga bisa ditinggalin , otomatis lo juga boros dengan bensin motor kan ? nah, tips biar bensin motor lo ga berkurang dan bisa dipake buat setahun kedepan, lo pinjemin aja motor temen lo dan ga usah isi bensinnya. Pasti temen lo udah pada gondok tuh n besoknya ga mau minjemin motor ke elo lagi, maka baliklah kepepatah awal “banyak teman banyak rejeki”, dari 365 temen elo udah berkurang 1 orang yang ga mau mijemin elo motor lagi, tapi ga usah khawatir masih ada 364 lagi temen yang bisa elo pinjemin motornya MUAHAHHAHA

Berikut tips jitu buat para anak – anak kos, semoga bermanfaat bagi kalian semua, salam HEMAT

One response to “Beginilah penampakan keuangan anak kost…

  1. Saran yang bagus itu Mas, Kalo saya catering-an aja mas. sebulan keluarin 700rb, supaya lebih hemat lagi, pas seperti yang mas bilang di atas tuh, pinjam motor temen kalo mau pergi kemana mana, perbanyakin pergaulan sama siapa aja termasuk orang tua, paklek di sebelah, bibi di depan, kakek-nenek di samping sampe om juga tante (wuahHH hahaHa), tapi saya belum beli magic com mas, rencananya akhir bulan ini saya mau beli mas..😀
    Oh ya mas, saya sudah baca hampir seluruh isi website mas.. saya juga termasuk orang yang suka bergaul seperti mas Jufri, Terima kasih mas Jufri.

tinggal kan pesan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s