Cara Mmbuat daftar isi otomatis

Temen-temen, pasti udah ga asing kan sama yang namanya “Daftar Isi”? Mungkin diantara kalian ada yang suka bikin daftar isi dengan cara manual, yaitu misalnya ketik manual dan ketik halamannya setelah bahan tulisan kita itu diprintout. Gue juga dulu kaya gitu soalnya. Hahaha. Nah waktu semester 5 kemaren, gue baru ngeh (bayangin dong.. baru tau di semester 5. Hellooow kemana aja selama iniiii??😥 ) kalo bikin daftar isi ada cara yang jauh lebih gampang. Well, program yang dipakai pastinya Microsoft Word ya yang udah lumrah. Oke let’s show it😉

Langkah pertama tentunya kita musti buka program Microsoft Wordnya dong, ya kan ya kan? (eh sebenernya nyalain komputernya dulu ding -.-” ya whatever lah ya :p *sebenernya ini ga penting juga sih -.-” *)

Blok judul bab, klik “Heading 1” di Ribbon – Home – Styles. Kalo mau diubah sendiri format font, color, dan sizenya, blok lagi tulisan itu, terus atur sendiri formatnya sesuai kemauan atau selera. Lakukan hal yang sama pada setiap judul bab.

Itu baru judul bab, nah gimana buat subbab? Ketik lagi judul subbab, terus pilih “Heading 2” di Ribbon – Home – Styles. Kaya judul bab tadi, kalian bisa atur sendiri format tulisan sesuai kemauan, bahkan bisa juga ditambahin “Bullet”, “Numbering”, atau “Multilevel List” yang ada di Ribbon – Home – Paragraph. Semua judul subbab, diatur pake cara yang sama.

Begitu seterusnya sampai semua judul bab dan subbab telah diedit. Lalu, buka halaman baru untuk halaman daftar isi, pilih Ribbon – References – Table of Contents – Automatic Table 1

eng jeeeeeng….!!! Secara otomatis, bakal muncul daftar isi sesuai judul bab dan subbab yang udah kita atur

Nah, pastinya kalo kita ngedit isi tulisan, ga menutup kemungkinan halaman yang udah fix tadi berubah kan. Supaya daftar isi otomatis tadi ikut berubah juga sesuai isi tulisan kita, klik kanan di daftar isinya, terus pilih “Update Field”. Kalo ada pilihan, pilihan pertama (Update page numbers only), buat update halamannya aja yang berubah saat kita ngedit isi tulisan tadi, nah kalo yang pilihan kedua (Update entire table) itu buat update judul bab atau subbab yang ditulis. Jadi, disesuaikan aja sama kebutuhan kalian. Klik ok

Nah, gimana guys? Gampang kan? Selamat mencoba yaaa🙂

tinggal kan pesan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s